Dasar2 Kapitalisme VIII


Dasar2 Kapitalisme VIII : Mekanisme Harga
Dalam sesi ini kita membahas pertanyaan : siapa yang menetapken harga. Kenapa harga2 berubah2 seperti minyak dari 140 bisa turun ke 75 segentong.

Dalam kapitalisme monopoli, kecuali oleh N, hukumnya haram. RI dijaman kelahiran rekiblik mengawali dengan memberi monopoli kepada segelintir orang. Namanya program benteng diarsiteki oleh Sumitro Djoyohadikusumo. Yang tersisa antara lain NV. Hadji Kalla, Achmad Bakrie, dan Soedarpo Corporation. Jaman HMS praktek ini diulangi lagi kepada kroni2 HMS antara lain Probosutejo monopoli cengkeh, Liem monopoli gandum, lantas ada Tommy dengan BPPC. Disusul kemudian era konglomerasi. Akir cerita sudah kita ketahui, kapitalis2 semu itu akirnya berguguran.

Kapitalisme identik dengan persaingan bebas, harga ditetapken oleh pasar. Dinegara komunis harga ditetapken N, kurang lebih seperti Pertamina. Persaingan 100% bebas tidak mungkin dijalanken karena akan menimbulken anarki dan N dibenarken sampai kadar2 tertentu mengintervensi pasar. Apa itu harga pasar? Harga pasar adalah harga yang ditetapken oleh hukum penawaran dan permintaan.

Hukum ini, jika tak ada intervensi dan distorsi pasar, adalah tentang hubungan antara jumblah dengan harga. Jika jumblah berlimpah, harga rendah dan sebaliknya kalo langka harganya tinggi. Dimusim panen harga beras akan jatuh karena berlimpah dan sebaliknya dimasa paceklik harga jadi mahal. Ingat dongeng Nabi Yusuf? Ia menyuruh Firaun bikin lumbung padi dan menimbun semua padi dalam lumbung ketika panen. Ketika terjadi paceklik, harga sangat tinggi sehingga Firaun menjadi kaya raya karena monopoli.

Bulog adalah seperti kisah Firaun tetapi misinya bukan tamak seperti Nabi melainken menstabilken harga. Bank sentral, disini namanya BI dan di USA namanya Federal Reserve adalah tandon atau lumbung uang. Jika terjadi inflasi maka uang disedot. Dolo jaman HMS BI mengendaliken valas. Jika dollah naik ia borong. Sejak krismon, BI tak banyak mengintervensi valas. Artinya (lebih banyak) membiarken harga ditetapken pasar. Demikianpun tingkat bunga bisa diintervensi N.

Ada sebagian E yang membalik, kalo barang langka maka harga tinggi. Mereka memproduksi barang2 dengan jumblah terbatas menjadi barang langka dan bisa dijuwal dengan harga tinggi. Barang2 mewah dan ekslusip dibuat atas dasar azas ini. Opec adalah sebentuk upaya mengendaliken harga dengan cara mengendaliken jumblah produksi. Ketika harga jatuh, itu indikasi bahwa kebutuhan bbm menurun maka opec menurunken produksi.

Pajak dalam bentuk bea masuk bisa pula dipakai untuk mempengaruhi harga. Untuk melindungi harga2 produksi dalam negri, barang2 impor tertentu dikenaken bea masuk tinggi. Taktik ini kadang dipakai untuk memaksa produsen luar investasi kedalam demi mendapatken keringanan bea masuk. Praktek pengenaan beamasuk adalah kontroversi dan dilema ‘perdagangan bebas’. Semua menghendaki agar barang2 masuk kenegara lain dengan bea serendahnya. Jika bea diperlunak produsen dalam negri kalah kalo bea dikenaken tinggi konsumen yang harus tombrok.

Dampak positip dari persaingan bebas adalah barang2 yang diproduksi semangkin lama semangkin murah semangkin bagus. Dolo HP sebesar tas ransel dan harganya muahal, sekarang lebih kecil lebih berdayaguna dan lebih murah. Demikian kecilnya sehingga bisa dipakai sebagai anting2.

Image

HP juga bisa untuk memanjangken alat vital.

Image

Ekses negatip adalah konsumerisme. Kita dijadiken sasaran buang produk kapitalisme, dikadali supaya tamak. Membeli2 barang2 yang tak perlu2 banget. E+I juga berdakwah kurang lebih sama dengan dakwah agama yaitu juwal tahayul. Merek2 tertentu sebenernya kandungan tahayul. Pakaian dan aksesoris misalnya, adalah secara produk sebenernya gombal, literaly and figuratively. Dengan dakwah nilai gombal ini didongkrak jauh melebihi harga produksi. Barang seharga sejuta harga pokoknya barangkali hanya 100-200,000. Selisihnya adalah harga tahayul. Kandungan harga tahayul juga tinggi pada saham2.

Media iklan tambah rame dengan dakwah2 politik yang isinya juga tahayul2 mlulu.

Image

0 komentar:

 

Xibroto Files

Friends

About Us

Xibroto Files Copyright © 2009 BeepTheGeek is Designed by Gaganpreet Singh