4. Setapak demi setapak


Dengan upaya2 ini anda membangun rasa bernilai yang fundamental terhadap diri sendiri sehingga anda bisa secara realistis mengerti kemampuan anda, menerima keterbatasan, dan memberi penghargaan selayaknya. Dalam batas2 kenyataan, anda akan memiliki kekuasaan pribadi yang berlimpah.

Saya tidak bilang metode ini gampang. Yang kita butuhkan adalah ketekunan. One step a time.

The journey of a thousand miles begins with a single step. Chinese Proverb
Perjalanan ribuan mil dimulahi dengan langkah pertama

A goal is created three times. First as a mental picture. Second, when written down to add clarity and dimension. And third, when you take action towards its achievement. Gary Ryan Blair
Suatu tujuan diciptakan tiga kali. Pertama, sebagai gambaran mental. Kedua, ketika ditulis dengan disertai dengan kejelasan dan dimensi. Dan ketiga, ketika anda melakukan tindakan2 untuk mencapainya.

Ketika kita hendak menggeser LoC yang pertama adalah membayangkan bahwa kita adalah seseorang dengan LoC sehat. Begin with end – mulailah dengan secara mental bahwa anda adalah seseorang dengan LoC yang sehat. Perhatikan orang2 sekitar yang anda rasa memiliki LoC positip. Dalam tinju kita kenal ‘shadow boxing’, dimana sipetinju secara mental seolah sedang bertanding dengan seseorang. Juga dalam basket. Ia membayangkan bagaimana memasukkan bola kekeranjang. Juga dalam pidato. Banyak pidatowan2 berlatih secara mental sebelum benar2 berpidato.

Menyusul proses mental, tulislah apa yang sedang anda jalani secara jelas dan tambahkan dimensi2. Misalnya dimensi waktu dalam kuantitas. Inventaris sukses2, terutama yang kecil2 bertambah, misalnya 5 perminggu. Atau, bubuhkan dimensi pada penurunan frekuensi ketika penghinaan thd diri sendiri turun drastis. Secara mental bayangkan anda seorang Menko yang menekan angka inflasi. Makin rendah anda mengurangi menghina diri, makin rendah angka inflasi.

Ketiga, bertindaklah. Jangan NATO, No Action Talk Only atau ngomong thok dan tidak melakukan tindakan apapun. Jangan hanya mbèl gèdès benz, tidak berbuat apa, kethap kethip seperti kethèk ditulup.
Kita tinggalkan LoC, dan lita membicarakan Harkat Diri

What is opportunity, and when does it knock? It never knocks. You can wait a whole lifetime, listening, hoping, and you will hear no knocking. None at all. You are opportunity, and you must knock on the door leading to your destiny. You prepare yourself to recognize opportunity, to pursue and seize opportunity as you develop the strength of your personality, and build a self-image with which you are able to live -- with your self-respect alive and growing. Dr. Maxwell Maltz
Apakah kesempatan itu, dan kapan ia mengetuk pintu ? Itu tidak pernah mengetuk pintu. Kau bisa menunggu sepanjang waktu, mendengarkan, ber-harap2 cemas, dan tak akan terdengar ketukan itu. Sama sekali tidak. Kaulah kesempatan itu, dan kau harus mengetuk pintu mendahului nasibmu. Kau mempersiapkan diri untuk mengenali kesempatan itu. Untuk mengejar dan menangkap peluang ketika kau mengembangkan kekuatan dalam kepribadianmu, dan membangun citra diri dimana kamu bisa hidup - dengan menghormati dirimu dan bertumbuh.

If you wish to achieve worthwhile things in your personal and career life, you must become a worthwhile person in your own self-development. Brian Tracy
Jika kamu ingin mencapai sesuatu yang bernilai dalam kehidupan pribadi dan karirmu, per-tama2 kamu harus menjadi seseorang yang bernilai dalam pengembangan dirimu.

Kita harus percaya pada diri kita bahwa kita mampu sebelum orang lain mempercayai bahwa kita mampu. Kita harus menghormati dan menghargai diri kita sendiri sebelum menyuruh orang lain menghormati dan menghargai kita. Kita harus ngajèni diri supaya diajèni. Kita harus merasa diri kita adalah pribadi yang bernilai sebelum orang lain menganggap begitu


Lanjutken ke 5. Definisi Self Esteem

0 komentar:

 

Xibroto Files

Friends

About Us

Xibroto Files Copyright © 2009 BeepTheGeek is Designed by Gaganpreet Singh