7. Evaluasi FI


Dulu kita pernah hitung bahwa hanya 5% yang gagal mengatasi masalah ability yang bersifat teknis. Yang 95% inipun gugur lagi, katakan 10% karena ia tidak memiliki kecakapan2 non teknis (berinteraksi, membuat kesepakatan, dll). Tinggal 85% dan gugur lagi karena tidak memiliki attitude yang tepat, misalnya tinggal 40%. Dari yang 40%, tinggal 20% bertahan untuk maju ke anak tangga lebih atas. Yang gugur kebanyakan karena motivasinya memble atau tidak stabil.

Jika kita memiliki ke-tiga2nya, ability-attitude-motivasi, maka sukses akan anda capai. Semua orang yang sukses diatas rata2 memiliki tiga2nya. Untuk andapun, minimal dua baru bisa ‘lumayan’. Jika cuma satu, maka kemungkinan karir akan memble.
Rumus diatas, yang sederhana terpaksa kita tulis ulang menjadi lebih rumit.

Sukses = S { FE(n) + FI(n) + Fx(n) }

Dimana n jumlah dari faktor2 tersebut yang jumlahnya dari satu hingga tak berhingga. Ini baru FI, kita masih dihadang FE, Faktor External yang bisa menjadi ‘pembunuh’ karir.

Kesimpulan
  1. Selain kemampuan akademis, profesional, dan teknis, anda harus mengembangkan ‘kecakapan2 jalanan’. Seperti kecakapan membuat kesepakatan (deal), tawar menawar, interaksi, salesmanship, komunikasi, membujuk, dll. Mungkin juga anda akan terpaksa mempelajari kecakapan2 untuk menghadapi sikap2 keras, bluffing (menggertak), boasting, intimidasi, hasutan, dll. Kecakapan2 ini tidak disadari para peniti karir. Suka tidak suka, mau tidak mau, anda akan berhadapan dengan itu.
  2. Anda akan harus membiasakan diri bersikap positip. Attitude adalah batu sandungan yang banyak membuat peniti karir tersungkur.
  3. Penting untuk memahami bahwa mempertahankan motivasi sering lebih penting dari pada membangkitkannya.


"Ability is what you're capable of doing. Motivation determines what you do. Attitude determines how well you do it." Lou Holtz

Dari ketiga faktor tersebut, menurut pandangan saya, Attitudelah adalah faktor yang paling banyak makan korban. Dan pada kesempatan yad, kita adakan pendalaman. Besok saya postingkan studi kasus tentang beberapa orang yang berangkat dari status jongos menjadi boss. Apa rahasia mereka ?

Lanjutken ke 8. Jongos menjadi Boss

0 komentar:

 

Xibroto Files

Friends

About Us

Xibroto Files Copyright © 2009 BeepTheGeek is Designed by Gaganpreet Singh