1. Preview & Overview


Melanjutkan artikel2 tentang sikap kerja, kita telah menjabarkan bahwa faktor sukses terletak di Faktor Internal, Faktor Internal, dan Faktor Internal. Juga ilustrasi2 betapa pentingnya sikap dalam menghadapi berbagai Faktor External. Ada belasan sikap yang bisa kita inventarisir dalam menghadapi berbagai perangai Faktor External, yang tak selamanya ramah.

Dalam milis ini saya mendeteksi adanya indikator2 atau refleksi keraguan akan Harkat Dirinya. Yang pertama harap dicamkan bahwa keadaan eksternal saat ini betul2 biangané sehingga kita tak perlu heran bahwa beberapa kawan kita tergasak Harkat Dirinya. Siapa yang tidak ? Dulu ia Scheduling Engineer, sekarang jadi tukang ojek ! Anda beruntung membaca artikel ini karena kita telah membicarakan bagaimana melindungi Harkat Diri yang merupakan Faktor Internal penting. Pentingkah Harkat Diri ? Perlukah dilindungi ? Ya, absolutely ! Ya, sepenting LoC ! Anda harus berbuat semaksimal mungkin agar Harkat Diri kita terlindungi dengan baik. Apa sih, Harkat Diri atau self esteem itu ?

Diantara sekian banyak Faktor Internal, kita mengenal LoC dan berdasarkan penelitian2 kita dapati bahwa LoC meningkatkan peluang sukses. Selain itu, saya rasa perlu mengangkat hal lain yang erat kaitannya, Self Esteem atau Harkat Diri. Citra diri sama pentingnya LoC.

Ada banyak sekali riset2 yang mendukung fakta bahwa suatu pribadi harus punya level tertentu agar memiliki kemauan untuk bertekun mencapai sukses. Riset2 itu mendukung gagasan bahwa tampaknya pencapaian adalah AKIBAT dari pada SEBAB Harkat Diri. Sehingga Pencapaian dan Harkat Diri terkait sangat erat.

Beberapa hal yang sudah dan kita bicarakan,
Ability,
Attitude,
LoC, dan
Self Esteem

Itu adalah faktor2 elementer dan fundamental yang selayaknya mendapat perhatian khusus. Metode menaikkan peringkat LoC hampir sama dan sebangun dengan menaikkan Self Esteem karena memang dua2nya terikat erat.

Posting tahap ke III ini yang merupakan topik Citra Diri adalah bagian dari FI. Seterusnya judul Citra Diri lebih pas dari pada Merintis Karir. Sulit sekali bicara Karir jika faktor2 elementernya kurang. Misalnya, rendahnya motivasi, membuat artikel apapun yang diposting menjadi sia2.


Lanjutken ke 2. Menggeser LoC

0 komentar:

 

Xibroto Files

Friends

About Us

Xibroto Files Copyright © 2009 BeepTheGeek is Designed by Gaganpreet Singh