Counter dan Body Steering


Pada kecepatan rendah, kurang dari 30 kpj, kalau kita berbelok maka motor akan rebah kearah kita belok dan stang juga menghadap ke belokan. Kalau kita belok kiri, motor rebah kekiri dan stang menghadap kekiri. Kalau kita belok kanan, motor rebah kekanan dan stang menghadap kekanan.

Lihat Gambar2 dibawah ini.


Pada Motor Besar, rebahnya kelihatan.


Pada kecepatan yang lebih tinggi, posisi rebah dan arah stang bertentangan. Kalau kita belok kiri, motor rebah kekiri dan stang menghadap kekanan. Kalau kita belok kanan, motor rebah kekanan dan stang menghadap kekiri.

Lihat gambar


Fenomena ini disebut fenomena Counter Steering. Lihat animasi dibawah ini yang lebih jelas.
Belok kiri - rebah kekiri - stang hadap kanan
Belok kanan - rebah kekanan - stang hadap kiri.


Dus, stang selalu menghadap kekebalikan arah belokan pada kecepatan tinggi.
Pada kecepatan rendah arah rebah = arah stang.

Ini menimbulkan mitos bahwa kita bisa belok semata dengan merebahkan badan maka akan terjadi body steering. Jika kita rebahkan badan maka motor ikut rebah dan stang akan terpelintir sehingga terjadilah counter steering. Maka counter steering adalah akibat motor berbelok yang disebabkan body steering. Mitos ini dibantah oleh Keith Code. Ia membuat stang tambahan pada suatu motor. Stang tambahan ini tidak bisa membelokkan roda depan.

Orang2 diminta untuk naik motor ini dan berpegang pada stang tambahan. Kemudian diminta merebahkan badan kekiri atau kekanan. Ternyata motor tidak berbelok. Kesimpulan : motor berbelok akibat stang diputar secara countersteering. Ialah kearah berlawanan belokan. Barulah dibantu dengan perebahan badan.

Bersambung ke Gaya Menikung I

1 komentar:

SeedsMan on 10:39 AM said...

eksperimen itu menunjukkan bahwa contact pitch roda ketika dibelokkan ke kiri berada sebelah kanan dan sepeda motor belok ke kanan dan sebaliknya. badan membantu untuk menyeimbangkan

 

Xibroto Files

Friends

About Us

Xibroto Files Copyright © 2009 BeepTheGeek is Designed by Gaganpreet Singh