2. Menggeser LoC


Meraih sukses bisa dengan dua jalan. Yaitu dengan menghindari resiko dan mengambil resiko. Dalam sebuah riset ilmiah, ternyata Internal Locus of Control memiliki kemampuan mengambil resiko. Ada kesalahpahaman bahwa seolah yang mengambil resiko hanya entrepreneur. Bukan, Manajemen dan Profesionalpun berhadapan dengan pengambilan resiko. Bedanya, entrepreneur meresikokan asetnya sedangkan yang bukan enterpreneur mempertaruhkan reputasi dan jabatannya. Telah kita bicarakan bahwa ada riset ilmiah yang membuktikan bahwa Internal Locus of Control memiliki motif berhasil yang lebih tinggi dan punya nyali untuk menghadapi resiko. Dua hal itu, motivasi yang tinggi dan nyali diperlukan dalam meniti karir. Sekarang kita bicarakan metode menggeser LoC yang saya ambil dari artikel Discovery.

Henry Ford : Nothing is particularly hard if you divide it into small jobs

Kita berangkat dari sini, mengikuti pitutur Henry Ford : Tidak ada yang berat jika kita melakukannya dengan me-mecah2 menjadi pekerjaan2 kecil. Wayang Pospa saya kerjakan dalam Parwo2 dan Episode2, yang sekarang sudah sampai Parwo lebih dari 56. Perminggu saya hanya membuat 600 x 5 kata. Itu enteng. Tidak terasa sekarang sudah lebih dari 33,600 kata. Jika kita melakukannya sekaligus, akan terasa berat.

Begitu juga halnya dengan menggeser LoC dan SE (Self-Esteem). Tidak perlu sekaligus tetapi pecahlah dalam fragmen2 dan episode2. LoC dan SE akan meningkat sedikit demi sedikit. Pada sisi yang lain, kita perlu mengingatkan saran Alfred A. Montapert.

Do not confuse motion and progress. A rocking horse keeps moving but does not make any progress

http://www.rocking-horses.net/images/wooden-rocking-horse.jpg

Jangan kacaukan gerakan dengan progres. Kuda ayun bergerak tetapi sebenarnya tidak membuat progres. Jangan sampai karena kita melakukan sedikit demi sedikit lantas ternyata mandeg. Seperti kuda ayun, ber-ayun2 tetapi sebenarnya tidak ke-mana2.

Menggeser LoC cukup berharga dilakukan. Bahkan bagi mereka yang tidak ambil pusing dengan karirpun. Menaikkan peringkat LoC & SE adalah salah satu dari upaya2 terpenting dalam pengembangan diri. Berikut adalah petunjuk2 taktis menggeser LoC yang bisa anda kembangkan sendiri nantinya. Ini hanya sekadar menghadirkan inspirasi.

Citra Diri
Untuk memulai kita akan meninjau ulang self-image atau citra diri dan mencoba untuk menghentikan pola berpikir yang mengebiri bakat2, kecakapan, kepandaian, kemampuan, dan upaya2 kita. Mula2 kita harus melakukan refleksi diri dengan serius tentang bagaimana kita melihat diri kita. Perhatikan kesan negatip tentang diri kita.

Inventarisasi
Tulislah apa kelebihan kita dalam daftar kecakapan, kemampuan, ‘bakat kusus’, yang mungkin kita miliki. Jangan lupa yang ‘kecil2’. Ini perlu sehingga kita tidak mengabaikan hal2 seperti ‘bisa membantu kawan cari kerja’ atau ‘menyelesaikan persamaan matematika rumit dengan nilai lumayan’. Jangan terlalu bengis dan pelit terhadap diri sendiri dan jangan memakai ukuran orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain akan tak berkesudahan. Karena kita lantas membandingkan dengan si A, B, dst, dst. Periksalah secara saksama kualitas2 anda yang menyumbangkan keberhasilan2. Simaklah mengapa anda harus merasa bangga akan itu.

Melukai Diri
Kedua, buatlah jornal (catatan harian) pikiran2 anda, mood, dan aktivitas2 harian. Selidiki reaksi2 otomatis dalam peristiwa2 kehidupan dan bagaimana perasaan anda dalam keseharian. Jika kita melakukan kesalahan parah dan merasa seperti menjadi orang paling koplo diseluruh dunia, tuliskan peristiwa itu dan bagaimana perasaanmu untuk menafsirkan situasi itu. Tampaknya anda menyalahkan diri dan cenderung begitu pada kegagalan2 yang lain. Hentikan sikap melukai diri ini dan lakukan pemeriksaan yang serius berdasarkan realitas. Cobalah memikirkan keadaan ini dalam perspektif lain. Bagaimana orang lain menilai kesalahan2 kita. Jika seorang kawan membuat kesalahan yang sama, apakah anda akan menghakiminya sebagai koplo bin tolol ? Tulis juga hasil pengamatan anda.


Lanjutken ke 3. Format Ulang

0 komentar:

 

Xibroto Files

Friends

About Us

Xibroto Files Copyright © 2009 BeepTheGeek is Designed by Gaganpreet Singh