2. Menyikapi Kegagalan


Jika berhasil, sangat bijak untuk tidak mem-besar2kan FE & Fx tetapi jika anda sedang dirundung kegagalan, lebih bijak menyimak FI, FE & Fx lebih saksama. Yang disimak apa ? Stabilitas ! Bisa jadi FI kita sedang labil misalnya sakit. Atau karena FE yang sedang labil, misalnya ada huru hara. Dengan demikian bagian FI kita yang rawan, harga diri dan rasa percaya diri, akan terlindung. Sedang labil bermakna bahwa faktor2 itu bersifat sementara. Jika faktor2 itu sudah stabil, kita akan mudah bangkit lagi dan tidak gagal. Kita bisa mengerahkan FI yang lebih berdaya guna. Dengan demikian kita mampu menghadapi kegagalan ber-tubi2 tanpa menjadi terpuruk dalam lembah keputus asaan. Kita mampu memahami bahwa kegagalan yang kita derita sifatnya sementara. Dalam kata2 puitis ‘ mendung itu tidak selalu kelabu’, ‘ badai pasti berlalu ‘, ‘esok penuh harapan’, dsb. Cengeng dan klise ? Mungkin, tetapi percayalah, ini pernyataan ilmiah yang didukung dengan riset2.

Sebuah contoh. Seorang kawan saya menjadi sangat terpuruk ketika sering ditolak gadis yang ditaksirnya. Ia menarik diri dan patah hati. Hingga sekarang ia membujang. Ia dengan ‘bengisnya’ menyalahkan dirinya yang kurang pandai memikat gadis, kurang menarik, tanpa masa depan, dsb. Ia menganggap kegagalannya sebagai permanen dan ia sekarang tidak punya keberanian untuk memulai lagi.

Berbeda dengan kawan yang lain. Sambil terbahak ia misuh2, katanya si Eni méténya picek (buta) karena tidak mampu menilai dirinya yang (calon) milyarder. Juga si Sri yang méténya bèlèken, juga yang lain di-pisuh2i sebagai guoblog. Ia menimpakan kegagalannya ke gadis2 yang menampiknya. Harga diri dan rasa percaya dirinya terlindung. Di bisnis kawan saya dihantam kegagalan2 beruntun tetapi ia selalu bangkit lagi. Bangkit lagi dan bangkit lagi tanpa setitikpun kehilangan nyalinya. Kini ia membuktikan ucapannya. Ia suami yang setia dan bisnisman kaya yang santri.

Success is the ability to go from failure to failure without losing your enthusiasm.~ Sir Winston Churchill
Sukses adalah kemampuan meniti suatu kegagalan dengan kegagalan lainnya tanpa kehilangan semangat (nyali).

http://forum.belmont.edu/business/Success%20is%2099%25%20Failure%20-%20Honda.gif

Bagian yang paling rawan adalah harga diri (self esteem) dan rasa percaya diri (confidence). Kita harus melindungi bagian2 rawan ini jangan sampai hancur. Ibarat kristal, jika FI ambyar, tidak ada nilainya lagi.

Jikapun kita menyikapi keberhasilan dengan mengapresiasi FI yang stabil kita dan menimpakan kegagalan ke keadaan labil atas faktor2 (FI, FE, & Fx) penting diingat hendaknya kita senantiasa berpijak di bumi kenyataan. Jika tidak demikian

Kita akan kehilangan kesempatan mempelajari kegagalan yang tak ternilai harganya. Kegagalan seringkali ‘sekolah’ yang muahal. Kalau kita tidak memetik berkah darinya, rugi ! Failure is to begin more intellegently (Henry Ford). Kegagalan adalah untuk mulai lagi dengan lebih cerdas.

  • Membuta tulikan keterbatasan diri. Karena terlena dengan me-nyalah2kan pihak lain ia jadi ke-géèr-en.
  • Memasung daya upaya. Jika kita terlalu banyak menimpakan kesalahan pada pihak lain, kita tidak merasa punya keharusan untuk berupaya lebih keras. Atau meningkatkan pengembangan FI.


Sejauh ini kita menjabarkan bahwa sukses terletak di tiga faktor. FI, FI, dan FI. Kita sekarang juga sudah bisa menyikapi dengan bijak situasi2 jika kita meraih keberhasilan dan sikap jika kita dihantam kegagalan. Kisah direktur jadi2an adalah ilustrasi tentang labilitas FE. Bisa galak, ramah, murka, tersenyum, dsb. Selain penjabaran2 tadi, kita mendemonstrasikan pentingnya sikap (attitude) terhadap keberhasilan dan kegagalan sangat berpengaruh dalam meniti kehidupan.

Sikap adalah hal kecil yang membuat perbedaan BESAR

Mereka yang menyikapi terbalik misalnya (keberhasilan karena FE dan kegagalan karena FI), akan ambyar. Betul, banyak kasus2 bunuh diri pada remaja karena mereka (dan/atau ortunya) menimpakan kegagalan ke dirinya, terus menerus sampai ia putus asa. Ia tidak mengerti paradigma ‘labil’.

Lanjutken ke 3. Mengukur LoC

0 komentar:

 

Xibroto Files

Friends

About Us

Xibroto Files Copyright © 2009 BeepTheGeek is Designed by Gaganpreet Singh